Hingga Jam 00 Malam ini Lebih 900 Ribu Orang Gunakan KRL Jabodetabek

Hingga Jam 00 Malam ini Lebih 900 Ribu Orang Gunakan KRL Jabodetabek

Fajarasia.id – Tiga hari pertama usai libur Lebaran (16-18 April) rata-rata volume Commuter Line Jabodetabek mencapai 954.715 orang per hari. Sementara, sebelum masa libur panjang Lebaran, volume Commuter Line (KRL) tertinggi 1.041.750 orang pada 1 April.

KAI Commuter mencatat angka tersebut lebih besar 40 persen dibanding rata-rata pada libur Lebaran kemarin. Volume pengguna pada libur Lebaran mencapai 680.891 orang per hari.

“Stasiun Bogor rata-rata volume pengguna yang naik pada hari kerja usai libur lebaran kemarin sebanyak 56.871 orang. Sedangkan stasiun keberangkatan lainnya seperti Stasiun Citayam tercatat sebanyak 33.995 orang dan Stasiun Bekasi sebanyak 33.611 orang,” kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya, Jumat (19/4/2024).

Anne mengatakan pengguna Commuter Line Jabodetabek kembali didominasi pengguna harian. Mereka rata-rata akan beraktivitas menuju atau dari pusat-pusat kota, khususnya pada jam sibuk pagi dan sore.

Pengguna musiman yang masih memanfaatkan liburannya juga masih terpantau menggunakan Commuter Line pada siang hari. Stasiun transit Manggarai dan Tanah Abang mulai padat pada jam sibuk pagi dan sore.

“Sebelumnya pada hari libur Lebaran mulai padat pada siang hari. Tercatat pada hari kerja ini rata-rata volume pengguna yang transit di Stasiun Manggarai sebanyak 180.839 orang dan Stasiun Tanah Abang sebanyak 141.212 orang tiap harinya,” kata Anne.

Untuk Commuter Line Merak, volume rata-rata pengguna 15.956 orang per harinya pada tiga hari awal usai libur Lebaran. Stasiun integrasi Rangkasbitung untuk Commuter Line Merak dan Commuter Line Jabodetabek juga mencatat peningkatan volume pengguna.

“Yaitu sebanyak 6.084 orang atau lebih besar 38 persen, jika dibanding volume kedatangan sebelum hari Lebaran yaitu sebanyak 4.419 orang per hari. Sedangkan operasional Commuter Line Basoetta, pada hari kerja usai libur Lebaran ini volume pengguna tidak jauh berbeda dengan hari kerja pada bulan Ramadan sebelum libur lebaran.”

Menurut Anne, pengguna Commuter Line Basoetta sebanyak 7.656 orang per hari. Manggarai menjadi stasiun tujuan pengguna Commuter Line Basoetta tertinggi pada tiga hari pertama usai libur lebaran.

Rata-rata volume penggunanya mencapai 2.169 orang per hari.****

 

Pos terkait