Beginilah Meriahnya WNI di Praha Ceko Nyoblos Pemilu 2024

Beginilah Meriahnya WNI di Praha Ceko Nyoblos Pemilu 2024

Fajarasia.id  – Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Praha, Republik Ceko, telah melakukan pemungutan suara bagi warga negara Indonesia (WNI). Para WNI antusias mengikuti Pemilu 2024 di sana.

Pemilu di Praha dimulai pada Sabtu (10/2), kemarin, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat. Ada total 383 DPT dan 197 DPTbLN yang tercatat di wilayah Republik Ceko.

Dengan ketersediaan surat suara cadangan yang hanya 2% dari total DPT, serta Return to Sender dari TPS Pos dan surat cadangan pos sebanyak 19 surat suara. Sehingga tidak semua dari Warga Negara Indonesia yang menjadi DPTbLN ini dan sudah hadir di KBRI untuk menunggu sisa surat suara di TPS dapat menyalurkan hak pilih mereka dikarenakan keterbatasan surat suara ini. Hanya 81 orang DPTbLN yang akhirnya bisa mendapatkan sisa surat suara dan berkesempatan menyalurkan hak pilihnya.

Acara pemungutan suara di KBRI Praha ini juga dimeriahkan dengan hadirnya stand makanan dari para WNI yang tinggal di Republik Ceko. Aneka jenis makanan khas Indonesia seperti siomay, pempek, bebek madura, teri kacang, rendang, laksa dan camilan khas Indonesia seperti klepon dan tahu bacem semakin membuat suasana di hari pemungutan meriah dan hangat.

Tak hanya seperti pesta, acara pemungutan suara ini juga menjadi ajang reuni antar diaspora, ajang pelepas rindu dengan makanan khas Indonesia. Sehingga para pemilih tambahan yang terdata di DPTbLN dan tidak mendapatkan sisa surat suara merasa sedikit terhibur dengan hadirnya stand makanan di wilayah KBRI Praha.

Tak hanya itu, PPLN Praha juga sempat mengajak WNI yang hendak mencoblos untuk senam maumere dan poco-poco demi menghangatkan diri di tengah musim dingin. Selain itu, PPLN Praha juga menyediakan photo booth bagi WNI yang telah melakukan pemungutan suara untuk dapat swa foto dan diunggah di media sosial, serta pojok karaoke yang disediakan bagi warga yang ingin menyumbangkan suara mereka dan menghibur diaspora yang sedang menunggu waktu pemungutan suara sesuai jadwal yang sudah di tentukan di surat pemberitahuan yang dikirimkan panita ke mereka.

“Melihat antusias diaspora Indonesia yang hadir pada hari ini, kami meyakini Pemilu Luar Negeri di Republik Ceko tahun ini mampu melampaui target tingkat partisipasi pemilih dari KPU-RI yaitu sebesar 50 persen. Kami targetkan tingkat partisipasi pemilu tahun ini di Republik Ceko bisa diatas 70 persen,” ujar ketua PPLN Praha Robert Saputra dalam keterangannya, Minggu (11/2/2024).

Apresiasi pun dilontarkan oleh salah seorang warga Indonesia bernama Astrid kepada staff KBRI “Pak, pilihan tepat anggota PPLNnya. Bikin pemilu kekinian,” ucap Astrid.

Tepat pukul 18.00 waktu Praha, pemungutan suara selesai dilakukan dilanjutkan dengan KPPS LN Praha melakukan penyegelan kotak surat suara dan penyimpanan untuk kemudian dilakukan perhitungan suara di tanggal 14 Februari 2024 nanti bersamaan dengan proses perhitungan suara di dalam negeri. Perhitungan suara di Praha nanti akan disiarkan secara live melalui IG dari akun PPLN Praha sehingga dapat disaksikan langsung oleh seluruh warga Indonesia yang bertinggal di Republik Ceko.***

Pos terkait