Barcelona vs Las Palmas, Misi Barca Makin Merapatkan Jarak di Klasemen La Liga dengan Real Madrid

Barcelona vs Las Palmas, Misi Barca Makin Merapatkan Jarak di Klasemen La Liga dengan Real Madrid

Fajarasia.id – BARCELONA akan berusaha untuk mendekatkan jarak dengan pemuncak klasemen La Liga, Real Madrid, saat mereka menjamu Las Palmas di Stadion Olimpic Lluis Company pada pekan ke-30 La Liga, Minggu (31/3) dini hari.

Raksasa Catalan saat ini berada di urutan kedua dalam klasemen La Liga, delapan poin dari puncak klasemen. Sedangkan Las Palmas menempati posisi ke-11, mengumpulkan 37 poin dari 29 pertandingan dalam sebuah musim yang terbilang sukses.

Barcelona memasuki jeda internasional dengan salah satu penampilan terbaik mereka dan juga hasil terbaik musim 2023-24, dengan mengalahkan Atletico Madrid 3-0 di Wanda Metropolitano.

Keberhasilan tersebut menjadikan mereka tak terkalahkan dalam sepuluh laga di semua kompetisi. Sejak Xavi mengumumkan pada akhir Januari bahwa ia akan mundur sebagai manajer musim panas ini, tim Catalan ini memang belum pernah kalah.

Barcelona tetap berharap bahwa Xavi dapat diyakinkan untuk bertahan sebagai pelatih kepala setelah musim ini berakhir. Dan klub masih berjuang untuk meraih dua trofi musim ini. Selain masih bersaing di La Liga, mereka juga akan menghadapi Paris Saint-Germain di babak perempat final Liga Champions.

Sang juara bertahan La Liga telah memenangkan enam dan dua kali seri dalam delapan pertandingan terakhir di liga. Dan mereka akan percaya diri untuk mencatatkan kemenangan lagi menjelang perjalanan ke Paris untuk pertandingan leg pertama babak delapan besar Piala Eropa pada 10 April.

Barcelona telah mengumpulkan 34 poin dari 15 pertandingan liga di kandang sementara mereka – Estadi Olimpic Lluis Companys – musim ini. Tetapi, ketiga kekalahan mereka di kasta tertinggi Spanyol pada 2023-24 terjadi di depan pendukung mereka sendiri, sementara mereka juga telah kebobolan 19 kali dalam pertandingan La Liga di kandang sendiri.

Sementara Las Palmas secara keseluruhan tampil mengejutkan. Setelah memastikan kembali ke La Liga sebagai runner-up Divisi Segunda 2022-23, konsolidasi kembali ke level ini akan selalu menjadi prioritas utama mereka musim ini.

Los Amarillos telah tampil di atas ekspektasi, dengan catatan 10 kemenangan, tujuh kali seri dan 12 kekalahan dari 29 pertandingan untuk mengumpulkan 37 poin, yang membuat mereka berada di posisi ke-11 klasemen.

Anak asuh Garcia Pimienta tidak memiliki rasa takut akan degradasi, berjarak 15 poin dari tiga tim terbawah, dan mereka hanya berjarak lima poin dari Real Betis yang ada di peringkat tujuh. Jadi ini dapat menjadi sebuah musim yang luar biasa bagi klub ini.

Las Palmas belum pernah finis lebih tinggi dari peringkat 11 di divisi utama Spanyol sejak menempati peringkat enam di tahun 1978-79.

Namun penampilan mereka akhir-akhir ini sangat mengecewakan, dengan hanya meraih dua poin dari lima pertandingan terakhir, termasuk kekalahan kandang beruntun atas Athletic Bilbao dan Almeria sebelum jeda internasional.

Las Palmas mengalami kekalahan 3-0 dari Barcelona di Camp Nou musim lalu, sementara mereka kalah 2-1 dari sang juara bertahan saat kedua tim saling berhadapan di laga kedua pada bulan Januari.

Di laga ini, Barcelona akan kembali kehilangan Frenkie de Jong, Pedri, Gavi, dan Alejandro Balde. Sementara ada tanda tanya atas Andreas Christensen dan Ronald Araujo, namun Ferran Torres dapat kembali bermain tepat waktu.

Christensen ditarik keluar dari skuat Denmark karena masalah Achilles, sedangkan Araujo dibebaskan oleh Uruguay lebih awal dari yang diperkirakan selama jeda internasional, dan diyakini bahwa masalah otot kecil dapat membuat sang bek tengah diistirahatkan.

Robert Lewandowski diperkirakan akan fit meskipun ada kekhawatiran akan benturan yang ia dapatkan saat mewakili Polandia.

Las Palmas layak mendapatkan banyak pujian atas penampilan mereka yang sangat mengesankan musim ini. Namun Barcelona sedang dalam penampilan gemilang saat ini, dan mereka sangat dijagokan untuk meneruskan lagi rentetan kemenangannya akhir pekan ini. (Tribunnews/den)

Prakiraan Formasi
Barcelona 4-3-3
Ter Stegen; Kounde, I Martinez, Cubarsi, Cancelo; Fermin, Gundogan, Roberto; Raphinha, Lewandowski, Felix

Las Palmas 4-5-1
Valles; A Suarez, Coco, Marmol, S Cardona; El Haddadi, Munoz, Perrone, K Rodriguez, Moleiro; Sandro.****

Pos terkait