Banjir Lahar Sumbar, Pemerintah Akan Bangun Sabo Dam

Banjir Lahar Sumbar, Pemerintah Akan Bangun Sabo Dam

Fajarasia.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau penanganan bencana banjir bandang dan lahar dingin di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Selasa (21/5/2024). Dalam kesempatan tersebut, ia memerintahkan jajaranya menambah dan membangun sabo dam guna mencegah bencana tersebut tidak terjadi lagi.

Sabo Dam merupakan suatu sistem pengendalian bencana alam aliran yang membawa endapan, yang didirikan pada jalur aliran di pegunungan. Presiden menyebutkan, di wilayah yang terdampak setidaknya dibutuhkan sekitar 56 sabo dam.

“Untuk urusan lahar dingin betul ini memang setelah dihitung oleh Kementerian PU dibutuhkan sabo dam 56. Yang ada sekarang baru 2,” kata Presiden.

Dalam waktu dekat, lanjutnya bakal ada pembangunan setidaknya 6 sabo dam. Ia pun memerintahkan agar pengerjaan tersebut dapat dimulai pada tahun ini.

“Terutama di tempat-tempat yang sangat penting ada enam segera harus dimulai. Tadi saya sudah perintahkan Pak Dirjen nanti akan perintah ke Menteri PU,” ucapnya.

Sebagai informasi, banjir bandang dan lahar dingin di Sumbar sudah terjadi sejak 11 Mei 2024. Hingga saat ini, jumlah korban akibat bencana ini mencapai 61 orang, dan 11 korban lainnya masih dinyatakan hilang.***

Pos terkait