AL India selamatkan kapal ikan Iran dari perompak di Laut Arab

AL India selamatkan kapal ikan Iran dari perompak di Laut Arab

Fajarasia.id – Angkatan Laut (AL) India pada Jumat malam (29/3) menyatakan pihaknya telah menyelamatkan kapal penangkap ikan beserta sejumlah awak kapalnya yang berkewarganegaraan Pakistan dari serangan perompak di Laut Arab.

Dalam keterangannya, AL India menyebutkan bahwa pihaknya menerima informasi tentang potensi pembajakan di kapal Al-Kambar pada Kamis (28/3) malam, dan dua kapal AL India dialihkan untuk mencegat kapal tersebut.

Kapal tersebut disebutkan dibajak oleh sembilan perompak bersenjata.

Tindakan taktis oleh AL India dilakukan secara intens lebih dari 12 jam, hingga para perompak tersebut menyerah.

“Awak kapal, yang terdiri dari 23 warga negara Pakistan, telah diselamatkan,” menurut keterangan AL India, dan menambahkan bahwa kapal tersebut dicegat pada Jumat pagi.

India menyebut sejumlah tim khusus dari angkatan lautnya tengah melakukan sanitasi menyeluruh dan pemeriksaan kelayakan laut pada kapal penangkap ikan tersebut sebelum kapal itu dikawal ke wilayah yang aman dan melanjutkan aktivitas.

AL India baru-baru ini melakukan beberapa operasi dan menyelamatkan kapal serta awak kapal setelah adanya upaya pembajakan, atau ketika mendapat serangan.

Di tengah banyaknya serangan di Laut Merah dan Laut Arab, India juga mengerahkan kapal perang sebagai kekuatan pencegah di wilayah tersebut.***

Pos terkait