Adang Daradjatun: Membanggakan, Angka Laka Lantas Mudik 2024 Menurun

Adang Daradjatun
Adang Daradjatun

Fajarasia.id – Anggota Komisi III DPR RI Adang Daradjatun mengapresiasi seluruh kementerian dan lembaga yang mendukung terwujudnya keamanan selama arus balik Hari Raya Idulfitri 2024. Ia menilai masing-masing aparat yang terjun bekerja telah berusaha maksimal sesuai dengan kapasitasnya. Mulai dari TNI, Polri, Kementerian Perhubungan, hingga lembaga-lembaga terkait lainnya.

Pernyataan ini disampaikan oleh dirinya kepada Redaksi usai menghadiri agenda Halal Bihalal bersama jajaran pejabat dan pegawai Sekretariat Jenderal DPR RI di Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, Rabu (17/4/2024). Terbukti, menurutnya, kasus kecelakaan selama arus mudik dan balik cenderung berkurang.

“Pengamanan (selama arus balik lebaran) telah dilakukan dengan baik. Ini membanggakan ya. Kalau kita lihat data dari Dirlantas (Polri) ada pengurangan kejadian kecelakaan. Jadi, sekali lagi, pertama, saya ingin memberikan apresiasi kepada seluruh kementerian dan lembaga yang terlibat di dalam pengamanan acara acara Idulfitri,” terang Adang.

“Saya ingin memberikan apresiasi kepada seluruh kementerian dan lembaga yang terlibat di dalam pengamanan acara acara Idulfitri”

Politisi Fraksi PKS itu berharap seluruh kementerian dan lembaga yang terlibat selalu meningkatkan kinerjanya. Upaya ini bernilai penting demi mengantisipasi lonjakan pemudik yang akan terjadi di Hari Raya Idulfitri di tahun-tahun mendatang.

“Jumlah kendaraan itu semakin meningkat. Nah, mungkin dari sekarang perlu diantisipasi dengan baik (untuk arus mudik lebaran selanjutnya) oleh kementerian dan lembaga yang menangani masalah pengamanan karena apapun juga tahun depan jumlah pemudik meningkat,” tandasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan pelaksanaan mudik tahun 2024 lebih baik dibandingkan tahun lalu pada Senin (15/4/2024) lalu. Ia mengatakan keselamatan pemudik menjadi faktor utama dalam arus mudik dan arus balik tahun ini.

“Idealnya tentu zero accident tapi dibanding tahun lalu, ini lebih baik. Baik dari jumlah yang meninggal serta jumlah santunan menurun signifikan,” pungkasnya. ***

Pos terkait