Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Beroperasi Fungsional saat Nataru, Begini Rutenya

Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Beroperasi Fungsional saat Nataru, Begini Rutenya

Fajarasia.id – PT Jasa Marga (Persero) Tbk akan mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 Km khususnya untuk melayani kendaraan dari Bandung saat arus balik Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Operation and Maintenance Management Group Head Jasa Marga, Atika Dara Prahita menjelaskan, pengguna jalan tol nantinya bakal masuk di Km 76, Sadang, Tol Cipularang, lalu keluar setelah melewati Jakarta-Cikampek II Selatan di Kutanegara dan masuk ke arteri serta menuju kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek di Km 47, Karawang Barat.

“Berdasarkan asumsi dan evaluasi kami ini ada beberapa indikator rekayasa lalin yang sudah kami sampaikan berdasarkan koordinasi dengan kepolisian bahwa rekayasa diperlukan apabila volume kapasitinya melebihi 0,8 dan kecepatan rata-rata di segmen kurang dari 40 km,” katanya Jumat (16/12/2022).

Direktur Utama PT Jasa Marga Tollroad Operator, Yoga Tri Anggoro menekankan, pembukaan jalur Japek II Selatan ini merupakan situasional, yakni untuk membantu mengurai kemacetan apabila terjadi kepadatan di Simpang Susun Dawuan atau Km 66.

“Pada arus balik, akan bertemu arus balik dari Cipali atau dari arah timur dengan arus lalu lintas dari arah Bandung atau selatan. Apabila terjadi kepadatan di situ, kita melihat bahwa Jasa Marga sudah pasang sensor volume lalu lintas, jadi ini analisis kita melihatnya kapan kita melakukan rekayasa lalu lintas contra flow atau pembukaan fungsional Japek II Selatan,” paparnya.

Khusus Kendaraan Kecil
Pembukaan jalur fungsional ini dikhususkan untuk kendaraan kecil agar saat memasuki jalur arteri lebih mudah bermanuver, serta hal ini juga terkait dengan adanya aturan pembatasan kendaraan sumbu tiga ke atas.

Adapun pengguna jalan tol yang melintasi Japek II Selatan nantinya tidak akan dikenai biaya, namun karena pengguna jalan pasti melalui GT Cipularang yang mana belum melakukan pembayaran sebelumnya, sehingga pembayaran dapat dilakukan di GT Kutanegara yang berada pada ruas Japek II Selatan.

“Tapi, itu tarif Cipularang, bukan tarif Japek Selatan,” jelas Yoga.

Sementara itu, terkait waktu tepat pengoperasian tol tersebut, Corporate Communication Group Head Jasa Marga Lisye Oktavianus belum dapat memastikannya karena sifatnya diskresi kepolisian.****

Pos terkait