Tersangkut di Rel, Truk Pengangkut Mobil Baru Ringsek Ditabrak Kereta api

Tersangkut di Rel, Truk Pengangkut Mobil Baru Ringsek Ditabrak Kereta api

Fajarasia.id – Kereta Api Sancaka jurusan Yogyakarta-Surabaya menabrak truk tronton pengangkut mobil baru di perlintasan tak berpalang Desa Kepuhanyar, Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Kamis 26 Januari 2023 malam.

Kecelakaan disebabkan body truk tronton pengangkut mobil tersangkut rel dan terhenti di tengah perlintasan kereta api. Beruntung, tidak ada korban jiwa, namun sejumlah mobil baru mengalami kerusakan cukup parah.

Dalam video amatir, terlihat jelas detik-detik Kereta Api Sancaka menabrak truk tronton di perlintasan tak berpalang di Desa Kepuhanyar. Truk tronton pengangkut mobil terlihat terhenti karena body bawah tersangkut rel langsung tertabrak kereta api yang melintas.

Saat akan tertabrak, sopir truk langsung keluar sehingga selamat. Namun, akibat kecelakaan sejumlah mobil baru mengalami kerusakan cukup parah.

Proses evakuasi mengalami kesulitan karena body truk tronton ringsek.

Warga sekitar yang juga penjaga rel tak berpalang segera berlari ke arah barat untuk menghentikan kereta api, namun kereta api tetap berjalan hingga menabrak bagian tengah truk. Beruntung, truk tidak terseret terlalu jauh.

“Truk tersangkut rel sehingga tak bisa melintas saat akan kejadian KA sampai di Sekar Putih, sehingga saya sempat berlari sejauh 200 meter untuk menghentikan kereta api, namun tak bisa dan tetap menabrak truk,” kata penjaga perlintasan kereta, Mohammad Anam.

Akibat kecelakaan ini, sejumlah kendaraan baru mengalami kerusakan. Selain kondisi lokomotif juga mengalami kerusakan sehingga harus diganti dengan lokomotif yang bary.

Petugas juga melakukan pengecekan dan perbaikan rel agar dapat dilalui kembali.

Kasat Lantas Polres Mojokerto AKP Bayu Agustyan mengatakan, kecelakaan disebabkan karena body truk tersangkut rel. Sehingga saat kereta melintas truk tak bisa jalan dan langsung tertabrak kereta api.

“Ini terjadi karena jalur ini tidak diperkenankan truk besar lewat jalur ini. Ketika melintasi jalur trailer ini tersangkut rel,” ujarnya.

Jalur kereta api kembali normal setelah petugas melakukan perbaikan dan menderek mobil truk tronton pengangkut mobil ke tempat aman.***

Pos terkait