Suryadi : : SKB Angkutan Lebaran 2024 Perlu Disosialisasikan

Suryadi : : SKB Angkutan Lebaran 2024 Perlu Disosialisasikan

Fajarasia.id – Anggota Komisi V DPR RI Suryadi Jaya Purnama mengapresiasi terbitnya sebuah Surat Keputusan Bersama (SKB). Yakni SKB tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran 2024/1445 H.

“SKB ini merupakan salah satu rekomendasi dari DPR dan perlu disosialisasikan,” kata Suryadi, Minggu (31/3/2024). Menurutnya, keberadaan SKB itu, agar pemerintah secara lebih teknis mengkoordinasikan angkutan mudik Lebaran 2024.

Selanjutnya, kata dia, pemerintah perlu melakukan sosialisasi SKB tersebut. “Karena betapapun kebijakan yang sudah bagus tapi kalau tidak diketahui masyarakat maka efektifitasnya akan berkurang,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia mendorong agar sosialisasi SKB ini dilakukan dengan melibatkan sejumlah pihak seperti, pemerintah daerah, asosiasi supir dan pengusaha transportasi. “Ini agar mereka tahu dan kapan jalur-jalur mana waktunya mereka bisa lewat,” ucapnya.

Selain itu, Suryadi meminta untuk mengantisipasi jika sejumlah permasalahan di jalan. Salah satunya mengenai bawaan barang tertentu harusnya dilarang saat mudik.

“Nah itu solusinya harus ada karena begitu mereka sudah masuk ruas tertentu. Ketika harus balik maka akan menimbulkan kemacetan,” katanya.

Hal ini, kata dia, berkaca dari pengalaman pada tahun lalu. Para pengendara yang membawa barang tentu susah untuk balik kembali karena terjebak kemacetan.

“Ini perlu juga diantisipasi. Selain sosialisasi tapi juga teknis harus disempurnakan di lapangan,” ujarnya.

Diketahui, Pemerintah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan dan Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik Lebaran 2024/1445 H.

SKB ini ditandatangani Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Kepala Korlantas Polri dan Dirjen Bina Marga Kemen PUPR. Pengaturan lalu lintas yang dilakukan pemerintah meliputi pembatasan angkutan barang, sistem satu arah, hingga sistem ganjil genap.***

Pos terkait