Philippe Troussier Buka Suara usai Dipecat Timnas Vietnam

Philippe Troussier Buka Suara usai Dipecat Timnas Vietnam

Fajarasia.id – Philippe Troussier resmi dipecat dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Vietnam. Keputusan ini diambil Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) tak lama usai kalah 0-3 dari timnas Indonesia.

Golden Star Warrior asuhan Troussier kalah telak dari Indonesia pada laga Grup F putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skor 0-3 menjadi hasil akhir duel Vietnam vs Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3/2024).

“Segera setelah pertandingan kedua antara Vietnam melawan Indonesia, pada putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 Zona Asia. Federasi Sepak Bola Vietnam dan Philippe Troussier bertemu dan membahas proses kerja sebagai pelatih kepala timnas Vietnam dan Vietnam U23,” kata VFF dilansir dari laman resminya, Kamis (28/3/2024).

“Dalam pertemuan tersebut, Federasi Sepak Bola Vietnam dan pelatih kepala tim nasional Vietnam, Mr. Philippe Troussier mencapai kesepakatan. Kami akan mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024,” ucap VFF melanjutkan.

Philippe Troussier resmi dipecat setelah Timnas Vietnam kalah tiga kali beruntun dari Timnas Indonesia. Lebih jauh lagi, The Golden Star sedang kalah 10 kali dari 11 laga terakhirnya.

Troussier tahu betul ada banyak kabar-kabar miring mengenai dirinya. Troussier mengaku ada banyak kesalahpahaman.

“Ada banyak kesalahpahaman sejak awal, setelah itu banyak pemberitaan sana-sini. Sulit untuk terbuka kepada masyarakat, terutama kepada media,” bukanya dilansir dari media Vietnam bongda24h.

“Sudah pasti, semuanya hanya soal salah paham. Anda harus memaafkan saya, saya bukan politisi, saya hanya seorang pelatih,” ujarnya menegaskan.

“Saya mencoba yang terbaik, begitu juga para pemain. Bagi saya, bertanggung jawab itu bukan sekadar bilang ‘saya bertanggung jawab’, tapi harus membuktikan di lapangan. Saya mencoba melakukannya tetapi gagal,” katanya.

“Kontrak saya dengan Vietnam ditujukan untuk Piala Dunia 2026, VFF mendukung saya sampai akhir. Saya akan merindukan Vietnam,” ucapnya menutup.

Seperti dilansir media Vietnam, Soha, VFF harus membayar kompensasi kepada Troussier senilai 40 miliar dong Vietnam (Rp26 miliar). VFF juga disebut harus mengganti sisa gaji Troussier selama hampir 30 bulan, belum termasuk biaya lainnya.***

Pos terkait