Mengenal Toto Nurwanto, Pemburu Teroris Poso yang Naik Pangkat Jadi Mayjen

Mengenal Toto Nurwanto, Pemburu Teroris Poso yang Naik Pangkat Jadi Mayjen

Fajarasia.id – Toto Nurwanto, Wakil Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Wadanpussenif), naik pangkat menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) atau Jenderal Bintang 2.

Mayjen TNI Toto Nurwanto bersama 13 Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat (AD) melaksanakan Laporan Korps Kenaikan Pangkat di Guest House, Markas Besar Angkatan Darat, Cilangkap, Jakarta, pada Jumat 4 Agustus 2023.

Mengenal Mayjen TNI Toto Nurwanto, pria kelahiran 8 Juni 1966, Cirebon, Jawa Barat ini merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988-B berasal dari kecabangan Infanteri.

Dia adalah salah satu dari 96 Pati TNI yang masuk daftar mutasi berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI.

Dia dimutasi dari Direktur Pendidikan (Dirdik) Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (Kodiklatad) menjadi Wadanpussenif. Karienya diawali dengan menjabat Komandan Kodim 0903/Tanjungselor.

Kemudian, dia dipercaya menjabat Waasrena Kasdam VI/Tanjungpura pada 2009. Selanjutnya, Toto Nurwanto menjabat Komandan Korem 022/Pantai Timur pada 2015-2016.

Lalu, dia menjabat Komandan Pusat Pendidikan Teritorial (Pusdikter) pada Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad). Selanjutnya, Toto menjabat sebagai Waaster Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Bidang Tahwil Komsos dan Bhakti TNI pada 2020-2021.

Pada periode 2021-2023, Toto dipercaya menjadi Komandan Korem 132/Tadulako. Nah, pada jabatan ini, dia terlibat dalam Satuan Tugas Operasi Madago Raya di Sulawesi Tengah. Operasi Madago Raya sebelumnya bernama Operasi Tinombala. Operasi ini gabungan polisi dan militer yang dilakukan oleh Polri dan TNI untuk menangkap dan atau membunuh anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT), kelompok teroris Indonesia yang mendukung ISIS dan dipimpin oleh Santoso.

Satuan Tugas Operasi Madago Raya di Sulawesi Tengah dikoordinasikan oleh Kapolda Sulawesi Tengah Irjen Rudy Sufahriadi bersama dengan Toto Nurwanto yang saat itu menjabat Komandan Korem 132/Tadulako berpangkat Brigjen TNI. Setelah itu, Toto digeser menjadi Dirdik Kodiklatad dan saat ini menjabat Wadanpussenif.****

Pos terkait