Kementan Klaim Stok dan Harga Pangan Stabil Jelang Lebaran 2023

Kementan Klaim Stok dan Harga Pangan Stabil Jelang Lebaran 2023

Fajarasia.id – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan stok pangan menjelang Hari Raya Idulfitri aman. Begitu juga dengan harga-harga pangan yang terpantau stabil walau ada peningkatan permintaan selama bulan Ramadhan dan jelang Idulfitri ini.

“Ketersediaan pangan jelang Lebaran ini tersedia dengan baik. Harga-harga pun stabil, walau ada komoditas khusus seperti daging mengalami kenaikan. Secara umum bahan pangan tersedia dengan baik,” tutur Inspektur Jenderal Kementan Jan S. Maringka dalam keterangan resminya, Jumat (21/4).

Jan Maringka mengatakan, pihaknya melakukan berbagai upaya agar bahan pangan pokok tersedia. Salah satunya dengan menggelar pasar tani dan bazar kebutuhan pokok yang bertujuan untuk memenuhi dan meringankan beban masyarakat.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk menekan peningkatan harga sehingga meringankan kebutuhan masyarakat,” ujar Jan Maringka.

Soal ketersediaan dan harga pangan yang stabil itu, Jan Maringka memastikannya dengan mengunjungi sejumlah pasar di Provinsi Banten. Dalam kunjungan itu, menurut Jan Maringka, stok pangan strategis terjaga, walau harga mengalami kenaikan.

Hal tersebut, ujar Jan Maringka, wajar karena selama Ramadhan ada pergeseran pola konsumsi masyarakat dan meningkatnya permintaan akan bahan pangan. Tetapi, bisa dipastikan kenaikan harga pangan itu tidak terlalu signifikan.

“Secara umum, bisa kami pastikan kecukupan dan harga pangan pada bulan Ramadhan serta jelang Lebaran ini aman,” kata Jan Maringka.***

Pos terkait