Garut bahas kerja sama pendidikan, kesehatan, dan ekonomi dengan Rusia

Garut bahas kerja sama pendidikan, kesehatan, dan ekonomi dengan Rusia

Fajarasia.id – Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, terus memperkuat pembahasan rencana kerja sama di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi dengan Pemerintah Rusia untuk mengambil peluang yang bisa saling menguntungkan secara bisnis maupun hubungan pemerintahan.

“Kerja sama antara Kabupaten Garut dengan Rusia itu ada dua yang tentu saja antara ‘B to B’ atau bisnis dengan bisnis, dan ‘G to G’, ‘government to government’,” kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi, dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut Ridwan Effendi salah satu perwakilan Pemkab Garut dalam pembahasan kerja sama itu saat dihubungi melalui telepon seluler di Garut, Jumat (11/8/2023).

Baca juga: MUI sebut pendidikan pranikah bisa ditiru negara Asia-Afrika

Ia menuturkan sejumlah perwakilan dari Pemkab Garut sudah melakukan kunjungan kerja ke Rusia, kemudian tindak lanjut dari kunjungan kerja itu diperkuat dengan menggelar pertemuan di Kantor Perwakilan Pemerintah Rusia di Jakarta, Trade Representation of The Russian Federation in The Republic of Indonesia.

Kerja sama yang dibahas antara Pemkab Garut dengan Pemerintah Rusia itu, kata dia, yaitu sektor ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, salah satunya ada pembahasan tentang “Sister City” dengan salah satu daerah di Rusia.

“Direncanakan akan ada ‘Sister City’ antara Kabupaten Garut dengan salah satu kabupaten di Rusia,” katanya.

Ia menyampaikan sektor yang akan dikerjasamakan antara Garut dengan Rusia itu akan dibahas lebih lanjut sesuai dengan ketentuan yang berlaku, termasuk sampai mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Indonesia.

Namun untuk tahapan awal, kata dia, akan diawali dengan sistem kerja sama bisnis dengan bisnis antara Kabupaten Garut dengan Rusia.

“Ini akan diawali kerja sama antara B to B, antara pengusaha Kabupaten Garut dan pengusaha dari Rusia,” katanya.

Ia menambahkan pertemuan lanjutan itu menunjukkan komitmen yang kuat untuk mengembangkan investasi serta kerja sama yang berfokus pada sektor-sektor strategis tersebut.

“Kedua belah pihak menunjukkan keseriusannya untuk menjalin kerja sama investasi pada bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan,” katanya.

Sementara itu, perwakilan dari Kabupaten Garut dalam pertemuan tersebut yakni Wakil Bupati Garut Helmi Budiman kemudian Kepala Disperindag ESDM Ridwan Effendi, Kepala Dinas Kesehatan Garut Leli Yuliani, Kepala Dinas Pendidikan Garut Ade Manadin, dan dari Dinas Pertanian Garut. ***

Pos terkait