Deretan teknologi yang patut dilirik pada ajang CES 2023

Deretan teknologi yang patut dilirik pada ajang CES 2023

Fajarasia.id – Consumer Electronics Show (CES) 2023, pameran teknologi terkemuka dunia, akan dimulai pada pekan ini di Kota Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

Menurut Consumer Technology Association (CTA) selaku penyelenggara CES, pameran yang digelar pada 5 hingga 8 Januari ini diikuti oleh lebih dari 3.100 peserta dari 170 negara dan kawasan.

Ajang CES sudah lama dikenal sebagai tempat bagi perusahaan-perusahaan untuk memamerkan teknologi televisi (TV), laptop, ponsel pintar, dan produk baru lainnya. Ada beberapa tren yang sedang berkembang (emerging) yang patut diperhatikan pada ajang CES tahun ini.

Kendaraan listrik

Kendaraan listrik (electric vehicle/EV) akan kembali menjadi kategori utama di ajang CES. Selain mengumumkan kendaraan-kendaraan baru, para peserta pameran akan mengungkap inovasi terkait konektivitas, peningkatan pemanfaatan pembelajaran mesin, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk sejumlah fitur seperti teknologi swakemudi.

Merek-merek seperti Mercedes-Benz dan LG diperkirakan bakal menampilkan seperti apa wujud interior sebuah mobil yang dilengkapi dengan layar berukuran masif, pelantang suara (speaker) di headrest, dan lampu interaktif.

Selain produsen-produsen otomotif terkemuka, sejumlah pemasok otomotif juga akan hadir di CES. Di samping mobil listrik, kategori EV juga mencakup mobilitas listrik, seperti sepeda listrik dan skuter listrik, juga akan banyak dipamerkan di CES 2023.

Kesehatan digital

Kategori kesehatan dan kesejahteraan mencatatkan peningkatan kehadiran di CES. Karena pandemi COVID-19, kesehatan digital semakin menarik minat dan semakin banyak figur yang memiliki peran lebih menonjol di CES.

Tahun ini, Digital Health Studio akan menjadi pusat perhatian dalam kategori kesehatan digital di CES 2023, menyuguhkan peluang pensponsoran dan diskusi yang dikuratori untuk semua peserta di pameran itu.

Pada CES 2022, Omron Healthcare meluncurkan HeartGuide yang sangat dinantikan, monitor tekanan darah wearable pertama dengan kemampuan EKG dalam satu perangkat. Samsung dan Intel berbagi pentingnya data yang dihasilkan pasien dan memanfaatkan AI dalam perawatan kesehatan.

Digital Health Studio yang menjadi salah satu peserta CES 2023 untuk kategori kesehatan digital menyajikan beragam informasi termasuk peluang pensponsoran dan diskusi yang dikuratori untuk semua peserta di pameran itu

“Konferensi tingkat tinggi (KTT) kesehatan digital merupakan bagian yang sangat menonjol dari seluruh pengalaman. Kami mulai melihat kesenjangan antara perangkat medis dan perangkat kesehatan, kebugaran serta gaya hidup menyempit,” kata Joel Goldsmith, Direktur Platform Digital Abbott Diabetes Care.

AI dan robotik

Solusi perangkat keras dan perangkat lunak AI mutakhir memainkan peran aktif dalam pengembangan industri di seluruh dunia, dan menjadi sorotan di CES.

AI akan menjadi tema yang kerap muncul di pameran gadget CES 2023. Terobosan terbaru terkait AI, dalam semua hal mulai dari mobil, robot, hingga peralatan, akan ditampilkan secara lengkap di CES 2023.

Fitur-fitur teknologi terbaru juga akan mencakup aplikasi Web 3.0, realitas virtual, dan drone terbang yang mengangkut penumpang.

Belanja dan pengiriman nirkontak dan otonomos juga akan menjadi tren besar di tahun 2023. AI akan mempermudah konsumen untuk membayar serta menerima barang dan jasa.

Jenis robot baru diperkirakan bakal menjadi pusat perhatian di CES 2023, termasuk robot penyambut acara, bartender, concierge, dan pendamping bagi orang lanjut usia (lansia). Robot akan menjadi semakin mirip manusia, terutama dalam hal penampilan dan kemampuan.****

Pos terkait