Danamon rilis fitur QRIS dengan sumber dana dari kartu kredit

Danamon rilis fitur QRIS dengan sumber dana dari kartu kredit

Fajarasia.id – PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) meluncurkan fitur baru yang memungkinkan nasabah melakukan pembayaran QRIS dengan menggunakan sumber dana kartu kredit Danamon melalui aplikasi mobile banking D-Bank PRO.

Chief Digital Officer PT Bank Danamon Indonesia Tbk Andreas Kurniawan percaya bahwa fitur terbaru tersebut akan semakin memperkuat posisi D-Bank PRO terutama di kalangan generasi muda. Dia menambahkan, pihaknya juga selalu berusaha untuk inovatif dalam memenuhi kebutuhan transaksi digital nasabah Danamon.

“Selain itu, usaha pengembangan fitur ini juga merupakan salah satu bentuk dukungan kami terhadap program Bank Indonesia bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) yang mendorong penggunaan QRIS sebagai pembayaran digital yang lebih mudah serta dapat diawasi oleh regulator dari satu pintu,” kata Andreas dalam keterangan di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Sementara itu, Consumer Lending Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk Enriko Sutarto mengatakan bahwa perseroan memahami pentingnya fleksibilitas dan keamanan dalam setiap transaksi.

Dengan fitur baru mobile banking D-Bank PRO, perseroan berharap dapat memberikan pengalaman transaksi yang tidak hanya lebih aman tetapi juga nyaman bagi pengguna kartu kredit.

“Kini, lebih praktis bagi nasabah untuk melakukan transaksi tanpa perlu mengeluarkan kartu kreditnya dari dompet terutama untuk pembelanjaan dengan nominal kecil ataupun transaksi di merchant yang tidak memiliki EDC,” kata dia.

Menurut perseroan, inovasi fitur pada mobile banking ini merupakan bagian dari komitmen Danamon untuk menyediakan solusi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah untuk mencapai tujuan finansialnya. Danamon berharap dapat lebih memikat hati masyarakat, khususnya generasi muda yang mengutamakan kemudahan dan fleksibilitas dalam transaksi sehari-hari.

Perseroan memandang, komitmen tersebut juga sejalan dengan hasil riset oleh Jakpat pada 2023 yang menunjukkan bahwa 45 persen dari 1.500 responden memilih mobile banking atau internet banking untuk pembayaran digital, dengan 46 persen di antaranya berasal dari generasi milenial dan 31 persen dari Gen Z.

Danamon menyampaikan, fitur pembayaran QRIS dengan sumber dana kartu kredit di D-Bank PRO menyediakan kemudahan transaksi bagi nasabah dengan hanya memindai (scan) QRIS merchant dan pilih kartu kredit sebagai sumber dana, kemudian masukkan nominal transaksi dan mPIN dan transaksi pun berhasil dilakukan.

Peluncuran fitur ini juga merupakan langkah Danamon dalam mengintegrasikan layanannya dengan ekosistem digital yang lebih luas. Dengan memanfaatkan teknologi QRIS, Danamon memastikan bahwa nasabah dapat melakukan transaksi di berbagai merchant dengan mudah dan aman.

Pada sisi lain, perseroan menyampaikan bahwa pihaknya juga sangat memperhatikan aspek keamanan dalam setiap transaksi digital. Fitur pembayaran QRIS dengan kartu kredit dilengkapi dengan berbagai lapisan keamanan, termasuk otentikasi mPIN dan sistem pemantauan transaksi real-time, untuk memastikan bahwa setiap transaksi aman dari risiko kecurangan atau penyalahgunaan.***

Pos terkait