Pimpinan KPK Sebut Pelaku Korupsi Belajar Hindari OTT

Pimpinan KPK Sebut Pelaku Korupsi Belajar Hindari OTT

Fajarasia.id – Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata mengungkapkan pelaku korupsi sudah banyak belajar untuk menghindari Operasi Tangkap Tangan (OTT). Satu di antara caranya dengan meminimalisasi komunikasi lewat handphone.

“Kalau OTT sebetulnya saya sampaikan orang makin lama makin belajar. Bagaimana KPK melakukan OTT,” kata Alex dalam diskusi Refleksi dan Harapan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Meskipun kini OTT terhitung sedikit dibanding tahun sebelumnya, dirinya memastikan tidak sedikit pihaknya melakukan penyadapan. Kepada ratusan nomor telepon, namun seiring waktu berjalan, para pelaku korupsi mulai pintar menggunakan handphone.

“Saya sampaikan tadi di forum ini kan, tidak kurang banyaknya dengan periode-periode sebelumnya nomor HP yang disadap sampai sekarang ini. Ratusan, ratusan, mungkin bagian tapping kita, bagian penyadapan kita enggak tidur,” ujar Alex.

Di sisi lain, Alex mengakui KPK juga kurang progresif dalam melakukan penindakan lewat OTT. “Tapi kan belum berani kalau tidak ada landasan transaksinya itu apa,” ucapnya, mengakhiri.****

Pos terkait