KSP Tekankan Pentingnya Toleransi dan Makna Idulfitri 2024

KSP Tekankan Pentingnya Toleransi dan Makna Idulfitri 2024

Fajarasia.id – Perbedaan penetapan awal Puasa Ramadan dan Idulfitri di Indonesia, kembali terjadi tahun 2024. Tenaga Ahli Utama KSP Rumadi mengajak, masyarakat menyikapi perbedaan tersebut dengan toleransi dan memahami makna Idulfitri yang sebenarnya.

“Tahun ini tampaknya memang permulaan puasa kita ada perbedaan antara pemerintah dengan beberapa organisasi keagamaan bersama teman-teman Muhammadiyah. Tetapi untuk Idulfitri tampaknya akan sama mudah-mudahan,” kata Rumadi, Selasa (9/4/2024).

Menurutnya, perbedaan merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, dia meyakini masyarakat Indonesia telah terbiasa dengan perbedaan pendapat sehingga mampu menjaga toleransi.

“Masyarakat dan bangsa ini sudah terbiasa menghadapi perbedaan-perbedaan dan ini sebenarnya menjadi laboratorium toleransi kita. Sejauh apapun perbedaan kita, tapi penghormatan kemudian toleransi itu tetap harus kita jaga,” ujarnya.

Idulftri, lanjut dia, juga menjadi momen pergerakan ekonomi yang signifikan. “Saya kira banyak sekali peredaran ekonomi uang dari masyarakat yang bergerak pada momen Idulfitri ini,” ucapnya.****

Pos terkait