Hari Ini Prabowo Disebut Akan Bertemu PM Jepang pada 2-3 April

Hari Ini Prabowo Disebut Akan Bertemu PM Jepang pada 2-3 April

Fajarasia.id – Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto akan mengunjungi Jepang pada 2-3 April 2024. Sekretaris Kabinet Jepang Yoshimasa Hayashi mengatakan Prabowo akan bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida dan pejabat lainnya.

Sebagaimana Rilis yang dikutip Redaksi pada Selasa (2/4/2024), perjalanan Prabowo ke Tokyo setelah kunjungannya ke Beijing untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping pada Senin (1/4).

Ini menjadi tur luar negeri pertama presiden terpilih tersebut, kurang dari dua bulan setelah memenangkan Pilpres 2024 untuk menggantikan pemimpin petahana Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jepang dan Indonesia adalah mitra strategis komprehensif yang berbagi prinsip-prinsip dan nilai-nilai mendasar, dan kunjungan Prabowo diharapkan akan meningkatkan kerja sama bilateral yang erat di berbagai bidang, kata Hayashi pada konferensi pers rutin.

Prabowo merupakan mantan komandan pasukan khusus atau Kopassus dan menteri pertahanan saat ini, juga berencana bertemu dengan Menteri Pertahanan Jepang Minoru Kihara, kantor berita Jepang Jiji melaporkan.

Pada tahun 2021, Prabowo dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menandatangani kesepakatan untuk memfasilitasi transfer peralatan pertahanan dalam pertemuan dengan rekan-rekan Jepang mereka, ketika Jepang berupaya memperluas kerja sama militer dan ekonomi dengan negara-negara Asia Tenggara untuk menyaingi Tiongkok.

Jepang dan Indonesia pada bulan Desember mencapai kesepakatan lain untuk menghilangkan lebih banyak hambatan perdagangan.****

Pos terkait