BKSAP Sampaikan Laporan Implementasi Resolusi AIPA dalam Pertemuan Kaukus AIPA ke-14 di Vietnam

BKSAP Sampaikan Laporan Implementasi Resolusi AIPA dalam Pertemuan Kaukus AIPA ke-14 di Vietnam

Fajarasia.id – Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI menghadiri Pertemuan Kaukus AIPA ke-14 (the 14th Meeting of The AIPA Caucus) yang diselenggarakan pada 10-11 Juli 2023 di Phu Quoc, Vietnam. Pertemuan Kaukus AIPA (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly) ini menjadi forum untuk menyampaikan laporan implementasi dari resolusi AIPA yang telah diadopsi di masing-masing negara pada Sidang Umum AIPA ke-43 pada tahun 2022 lalu.

Dalam sesi pertama pertemuan Kaukus AIPA, Ketua Delegasi Parlemen Indonesia (head of delegation), Gilang Dhielafararez menyampaikan presentasi mengenai laporan Indonesia sebagai anggota AIPA tersebut. Ia menyebutkan, Anggota Parlemen AIPA memiliki peran penting dalam membentuk kebijakan dan kerangka sebagai landasan kerja.

“Pertemun ini merupakan kesempatan berharga untuk bertukar pikiran, berbagi langkah praktis terbaik, dan berkolaborasi menuju masa depan inovasi yang didorong oleh pertumbuhan berkelanjutan di ASEAN,” ujar Wakil Ketua BKSAP DPR RI ini, di Phu Quoc, Vietnam, Senin (10/7/2023).

Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini meyakini bahwa pertemuan Kaukus AIPA ini akan menghasilkan hal-hal yang produktif dan menjadi sarana untuk memperkuat ikatan kerja sama antara anggota parlemen se-ASEAN.

“Secara bersama-sama, mari kita eksplorasi peluang untuk memanfaatkan kekuatan sains dan teknologi, menjamin aplikasi yang lebih adil dan mendukung pertumbuhan berkelanjutan di negara-negara ASEAN,” ujar Anggota Komisi III DPR RI ini.

Hadir pula dalam Pertemuan Kaukus AIPA ini, Anggota BKSAP DPR RI Himmatul Aliyah dan Sakinah Aljufri. Serta Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Sosialis Vietnam Denny Abdi bersama dengan Dhany Rachmat Mulia sebagai Sekretaris Utama Kedubes Indonesi untuk Republik Sosialis Vietnam.

Diketahui, Kaukus AIPA diselenggarakan dengan tujuan untuk mendorong inisiatif dari lembaga legislatif untuk mengharmonisasikan perangkat hukum dari masing-masing anggota parlemen di tiap negara ASEAN. Sebagai salah satu Komite Ad-Hoc AIPA, Kaukus AIPA juga menjadi sarana reguler interaksi dari anggota parlemen se-ASEAN dalam memonitoring implementasi Resolusi AIPA yang diadopsi melalui Sidang Umum AIPA.***

Pos terkait