Beginilah Tradisi Perayaan Hari Raya Waisak di Indonesia

Beginilah Tradisi Perayaan Hari Raya Waisak di Indonesia

Fajarasia.id – Hari Raya Waisak atau dikenal dengan Trisuci Waisak merupakan momen perayaan yang dilakukan dengan upacara. Ada beberapa perbedaan disetiap negara untuk merayakan Hari Raya Waisak.

Berikut perayaan Hari Raya Waisak yang dilaksanakan di Indonesia:

Di Indonesia, perayaan Waisak biasanya digelar dengan adanya festival lampion Waisak. Festival tersebut biasanya dilakukan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Festival itu identik dengan momen pelepasan ribuan lampion kertas yang akan diterbangkan ke langit. Tradisi Umat Buddha di Indonesia ini sudah dilakukan sejak 1929.

Pada hari itu, biasanya umat Buddha akan pergi ke kuil di kota mereka. Bahkan, sebagian dari mereka akan tinggal di kuil tersebut selama beberapa hari dan bertepatan saat malam bulan purnama.

Umat Buddha juga akan melakukan banyak perbuatan baik, bermeditasi, merenungkan ajaran Buddha. Serta membawa persembahan ke kuil dan membagikan makanan ke orang-orang.

Selain itu, umat Buddha juga akan memakai kain putih. Kartu ucapan juga akan ditukarkan sesama teman dan keluarga juga menjadi tradisi pada perayaan hari Waisak.

Perayaan lainnya yang dilakukan pada Hari Raya Waisak adalah upacara Bathing the Buddha. Upacara ini merupakan upacara untuk memperingati saat air mengalir di bahu Buddha.

Hal itu untuk mengingatkan umat Buddha dalam menjernihkan pikiran negatif, yakni keserakahan dan kebencian. ***

Pos terkait